Trik CMD 2 : Cara Enkripsi File / Folder dengan CMD

Trik CMD 2 : Cara Enkripsi File / Folder dengan CMD

CMD
Selamat datang di Pendatang dan Pencoba, kali ini saya akan menjelaskan Trik CMD 2 : Cara Enkripso File / Folder dengan CMD sebelum langsung masuk dalam totorial,saya akan menjelaska sekilas tentang cmd


Apa Itu CMD ?
CMD (Command prompt) adalah sebuah perintah DOS yang ada di windows yang bisa di akses secara online atau offline, command prompt sendiri adalah sebuah fitur yang cukup menarik dan memiliki fungsi yang sangat berguna, dimana kita bisa mengakses, mengganti nama, memindahkan sebuah file, dsb dengan mudah melalui fitur ini.

Posisi CMD
Run
Cara mudah masuk ke CMD pertama ada bisa akses aplikasi "RUN" dengan Menekan Windows + R dan ketikan pada pencarian CMD







Trik Unik CMD

Enkripsi File / Folder dengan CMD

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus (Code Kunci)

Langkah-langkah :

  • Persiapkan File yang akan di Engkripsi dalam Satu Folder dan Letakan/simpan di Lokasi C: > Users > Bawaan Personal (Contoh Laptop saya ASUS) > Terserah Dimana, dengan tujuan mempermudah Proses dan command cd lebih mudah terbaca.
  • Buka CMD kemudian masukan command cd + dengan Lokasi kamu menyimpan File. Dengan penulisan pada bagian Terserah Dimana hilangkan untuk yang memiliki "My"
Cara Tulis

Setelah menekan Enter
  • Setelah itu untuk mekakukan enkripsi, tinggal jalankan command cipher /e /s:NamaFile Disini saya membuat file dengan nama Rahasia (Disarankan Satu Suku Kata)untuk di Enkripsi

  • Selanjutnya gunakan Command cipher /e /s:Rahasia Dan Untuk Membatalkan atau Membuka Enkripsi ini Bisa melanjukkan dengan mengulang cara diatas tetapi dengan menggunakan command chiper /d /s:NamaFile
Tanda anda telah berhasil
  • Ketika Enkripsi Sudah Sukses saat kamu buka, tidak akan terlihat ada yang berbeda kamu masih tetap bisa langsung membuka dan melihatnya seperti biasa. Hanya saja bakal muncul icon gembok/Nama Folder Berwarna Beda yang menunjukkan bahwa file dan folder tersebut telah terkunci dan terenkripsi.
    Perbedaan baru jelas terlihat begitu file tersebut dibuka dari akun Windows lain, atau dicopy dan dibuka di PC Windows lain, file tersebut tidak akan bisa dibuka.
NOTE : Cara Ini Hanya Berlaku Untuk file system NTFS

Itulah penjelasan singkat dari Trik CMD 2 : Cara Enkripsi File / Folder dengan CMD, baca juga tutorial Trick CMD lainnnya :

Terimaksih atas kunjungan anda, selamat mencoba :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik CMD 2 : Cara Enkripsi File / Folder dengan CMD"

Post a Comment