Cara Mudah ScreenShot pada layar Komputer atau Laptop

Cara Mudah ScreenShot pada layar PC atau Laptop

Selamat datang di Datang dan Coba, kali ini saya akan membahas Cara Mudah ScreenShot pada layar Komputer atau Laptop, sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit Apa Itu Screenshot ?
Screenshot adalah foto atau suatu gambar yang diambil oleh computer untuk merekam tampilan kegiatan yanga ada pada layar.

Screenshot dengan Aplikasi bawaan Komputer atau Laptop

• Menggunakan Logo Windows + Print Screen (PrtSc)

Cara ini memiliki perbedaan pada penggunaanya tergantung versi windows mana yang anda gunakan.

Pada Windows 7 : ketika anda menggukan cara ini layar anda bisa jadi tidak menunjukan tanda-tanda telah mengkap screenshot, untuk mengambil dan juga memastikan bahwa anda telah berhasil melakukan screenshoot, setelah Menekan Logo Windows + Print Screen (PrtSc) secara bersamaan kemudian buka Microsoft World atau Pain lalu ctrl + v (Paste) kemudian potong sesuai kebutuhan menggunakan Crop karena cara ini menggampil screenshot pada seluruh layar.

Pada Windows 8 : untuk mengambil screenshot Tekan Logo Windows + Print Screen (PrtSc) secara bersamaan, kemudian layar anda akan berkedip disini menandakan bahwa anda telah berhasil, dan untuk mengambil hasil gambar anda bisa mencarinya di folder pribadi Picture.

• Menggunakan Aplikasi bawaan Snipping Tools


Pada windows sendiri terdapat aplikasi bawaan untuk melakukan screenshot, aplikasi ini bisa di akses dengan membukan Start lalu ketikan “Snipping Tool”.
Cara kerjanya :
1. Buka Aplikasinya
2. Tekan New untuk memulai menggambil screenshot
3. Tanda merah merupakan batasan pada layar yang anda ingin ambil screenshotnya
4. Kemudian edit jika diperlukan (cuman bisa coret2)

5. Simpan

Screenshot dengan Aplikasi

Aplikasi screenshot sangat mudah ditemui pada mesin pencari google, dari banyaknya aplikasi screenshot yang telah ada saya ingin menyarankan 2 buah aplikasi yang cukup ringan dan mudah dalam penggunaanya :

• LightShot

Aplikasi ini cukup mudah digunakan kerena anda hanya perlu menekan satu tombol saja maka layar akan di persiapkan untuk mengambil screenshot, anda bisa mengatur tombol pintas yang akan anda gunakan dengan 3 tombol pintasan yaitu : Tombol Pintasan Umum, Simpan instan dengan Layar Penuh, & Unggah langsung dengan layar penuh.
Pada Aplikasi ini kita juga dapat mengatur format dan kualitas gambar yang akan kita simpan, dengan format .PNG atau .JPEG dan kualitas dengan rate 50 – 100

• PicPick

Aplikasi ini memiliki banyak fitur dengan bentuknya hampir menyerupai Pain, dan lebih mudahnya lagi di aplikasi ini anda bisa menambahkan watermark pada hasil screenshot anda.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mudah ScreenShot pada layar Komputer atau Laptop"